Reframing In Sales

Salah satu teknik NLP yang selalu saya gunakan dalam kegiatan bisnis saya di bidang penjualan properti adalah reframing. Teknik ini sangat luwes dan powerfull bila digunakan dengan tepat dan benar.

Alkisah, Richard Bandler, salah satu penggagas kaidah NLP (http://goo.gl/rgNFdL) , mengunjungi seorang rekan yang berprofesi sebagai agen real estate. Pada saat itu sang rekan sedang berbincang-bincang dengan seorang ibu yang menanyakan apakah sang agen mempunyai daftar rumah yang memiliki halaman luas. Rekan Bandler menjawab, “Kebetulan saya sedang tidak memiliki daftarnya, ibu. Tapi jika ibu bersedia, silahkan meninggalkan nomor telepon untuk saya kabari secepatnya.”

Bandler merasa dirinya perlu berbuat sesuatu dan bertanya kepada rekannya apakah ia mempunyai daftar rumah yang berlokasi di dekat sebuah sekolah anak-anak, dan dijawab ada beberapa. Kemudian Bandler bertanya kepada ibu tersebut, “Atas pertimbangan apakah ibu ingin mencari rumah dengan halaman yang luas?”

Ibu tersebut menjawab, “Karena anak saya berjumlah sembilan orang.”

Bandler kemudian berkata, “Dan dengan demikian ibu harus membayar pajak yang lebih besar karena mencari sebuah rumah yang luas seperti itu.”

Ibu menjawab kembali, “Yah, mau bagaimana lagi?”

Bandler berkata kembali,”Mengapa ibu tidak membeli rumah yang berlokasi di dekat sekolah saja? Anak-anak ibu dapat bermain di sana, bahkan ibu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk merawat halaman dan membayar pajak lebih untuk itu.”

Ibu itu pun menjawab, “Benar sekali! Tidak pernah saya pikirkan ide ini sebelumnya!”

Pembelian rumah terjadi sesudahnya, berkat kecerdikan Bandler dalam melakukan Reframing, yakni mengubah persepsi ibu tersebut tentang halaman rumah yang sebelumnya positif menjadi negatif. Kemudian mengubah suasana rumah dekat sekolah yang banyak dianggap orang sebagai sesuatu yang tidak nyaman (negatif) karena berisik menjadi suatu hal yang positif (nyaman).

Tentu saja menggunakan teknik reframing ini kita perlu berlatih terus menerus dalam menghadapi setiap pertanyaan dari customer (http://goo.gl/2CE79L)

‪#‎NLP‬ in Business Aplication

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s