NLP Praktis #6: Ikut Pelatihan Kok Tambah “TOLOL Ya..”

Siang hari di sebuah acara istirahat siang di sebuah kantor. Terjadi sebuah percakapan kecil seorang BOSS pemilik sebuah perusahaan dengan seorang TRAINER.

Boss                 : Saya ada sebuah masalah yang belum dapat terpecahkan.

Trainer             : Masalah apa?

Boss                 : Karyawan saya tidak mengikuti semua aturan yang ditetapkan  perusahaan. Suka seenaknya sendiri.

Trainer             : Jadi masalahnya apa sekarang?

Boss                 : Ya mereka maunya ditendang dulu baru jalani aturan.

Trainer             : Lho, kamukan sudah sering ikut pelatihan. Jalani dong apa yang sudah kamu dapati?

Boss                 : Belum dapat saya jalani.

Trainer             : Apa? (dengan wajah sedikit terkejut)

Boss                 : Ya. Belum saya jalani.

Trainer             : Jadi tujuan kamu ikut pelatihan buat apa? Hanya menghabiskan uang atau pelarian dari masalah kamu? Jangan-jangan kamu ini bukannya tambah pintar ikut pelatihan. Tapi jadi TOLOL.

Boss                 : Ya….jangan gitu dong? Belum aja saya jalani.

Trainer             : Nggak usah lari dari kenyataan. Eh, nih gua bilang ya ke kamu. Jujur aja ya… Sebenarnya bukan karyawan kamu yang punya masalah. Tapi dirimu lah yang mempunyai masalah. Makanya bila ikut pelatihan latih dulu ke dalam dirimu. Gimana menyuruh karyawan berubah bila kamu sebagai pimpinan saja tidak berubah.

Boss                 : ####$%%%% ( Terdiam )

Percakapan singkat ini semakin membuat saya menjadi sadar diri. Bahwa untuk membawakan sebuah materi pelatihan. Saya juga mempunyai tanggung jawab untuk melatihnya terlebih dahulu dalam diri saya. Bukan hanya sekedar TAHU dan MENGERTI tapi saya juga MEMAHAMInya dengan cara melatihnya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi peserta menjadi TOLOL itu tanggung jawab siapa sih? Saya mah ogah disuruh tanggung dan jawab. Yang penting dapur ngebul terus.

Tinggalkan Balasan

