Ide dan Tantangan

Hehehe…akhirnya saya kembali menulis lagi. Begitu banyak yang tanya ke saya. Kok nggak menulis lagi sih? Sibuk? Sebenarnya sih bukan sibuk atau pun sudah lupa nulis. Terus terang bukan terang terus ya…ha…ha…ha… Sebenarnya saya sedang melatih diri supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi biar tulisannya menjadi bermakna dan mempunyai jiwa. Malu juga rasanya jika menulis tanpa melakukannya terlebih dahulu. No Action Teori Doang…..hehe…he…he..Bila menulis pengalaman diri sendiri jauh lebih enak dan plong. Apalagi setelah orang lain membaca dan mendapatkan makna.

Bagi saya menulis itu adalah sebuah tantangan. Apalagi menghasilkan sebuah tulisan yang bermutu bagi orang lain. Tantangan itu sangat dibutuhkan dan diperlukan dalam kehidupan kita.  Dulu waktu saya kecil. Ketika masih nakal-nakalnya. Rasanya malu untuk menolak. Apabila ada tantangan berkelahi. Bahkan kami sering berkelahi secara sembunyi-sembunyi. Menghindar dari kedua orang tua. Bila perlu kami berkelahi di lapangan bola.  Cukup membawa beberapa orang teman. Yang sering menjadi supporter dadakan. Mereka dengan semangat berteriak menyemangati kami. Pukul sana, pukul sini. Tak jarang sambil adu tendangan, adu pukulan dan adu ilmu. Mulai dari ilmu pencak silat, ilmu kungfu ala Bruce Lee. Sampai ilmu “ngibrit”. Bila lawan yang dihadapi tidak sepadan.

Tantangan Dalam Berbisnis

Ternyata ilmu tantangan ini adalah ilmu kehidupan.  Hampir sama dengan ketika kita memulai sebuah bisnis ada unsur tantangan di awalnya. Bila kita berhasil mengatasi setiap tantangan maka bisnis kita dapat dikatakan sukses.

Bila kita berani menghadapi setiap tantangan maka akan berbuah manis. Misal contoh nyata ketika saya memulai beberapa bisnis yang awal mula dari sebuah tantangan. Memang biasanya setiap tantangan itu datangnya secara tidak terduga. Biasanya keisengan dari celetukan seorang teman atau dari masalah yang orang lain hadapi.

Memulai bisnis website

Akhir tahun 2009, saya ikut membantu seorang teman menjalankan bisnis pupuk organik. Secara tidak sengaja ketika itu teman saya, Bapak Mardi Affandi. Memberikan ide jika produk-produk yang kita hasilkan sebaiknya dipasarkan melalui internet biar lebih ceopat.

Jujur ketika itu saya belum paham sama sekali apa itu bisnis melalui internet. Karena merasa tertantang. Saya pun mulai mencari ide bagaimana memulainya. Mulai browsing melalui internet, cara memulai bisnis online. Survei ke toko buku Gramedia. Dan akhirnya dapat satu referensi buku seorang teman dari Semarang. Dengan judul Sukses Berbisnis di Internet dalam 29 hari. Untungnya buku tersebut sangat sederhana dan mudah saya kunyah.

Alhasil lewat beberapa kali percobaan kecil dan keberanian. Dan juga konsultasi sama penulisnya, yaitu Hianoto Santoso. Website saya yang pertama pun berhasil dibuat. Saya ingat kami beri nama binainsanmandiri.com. Walaupun sekarang tidak aktif lagi. Tapi dari satu ini berbuah manis. Ada beberapa website yang berhasil saya buat. Di antaranya bukitkasih.com dan chawako.com. Karena saya berkarya akhirnya uangpun mengalir.

Memulai bisnis properti

Ketika saya menerima tawaran sebuah perusahaan properti Palembang untuk memberikan semacam coaching bagi marketing. Saya pikir, saya sebenarnya seperti mendownload pengetahuan saya ketika tahun 2003 saya pernah menangani salah satu perusahaan broker properti terbesar di Indonesia yang berada di wilayah Palembang.

Walaupun hanya dalam waktu sebulan. Setidaknya sudah memberikan kepercayaan diri saya untuk berani ambil bagian untuk memulai bisnis properti. Secara kebetulan setelah itu saya mendapat tawaran untuk  membantu memperbaiki rumah salah seorang teman paman saya. Di awal, saya katakan bahwa saya tidak mempunyai pengalaman dan keahlian dalam memperbaiki rumah. Dan paman saya tetap ngotot meminta bantuan saya. Hehehe….apa boleh buat namanya rejeki tidak boleh ditolak. Akhirnya dengan mencari partner seorang teman yang mempunyai pengalaman dan keahlian di bidang perbaikan rumah. Alhasil rumah pun dapat diperbaiki. Kuncinya adalah kita tidak mampu ahli dalam segala bidang tetapi kita mampu berhubungan dengan orang yang ahli di bidangnya.

Hal ini semakin berlanjut, ketika di bulan November 2010. Seorang teman meminta tolong menjualkan rumah. Karena sudah mempunyai pengalaman, saya pun secara mudah dapat menjualkan rumahnya. Tetapi bukan secara biasa. Saya mencoba mengabungkan seni broker dengan internet. Istilah kerennya properti online. Hal ini terus berlanjut dari satu menjadi dua sampai sekarang. Inilah cikal bakal akhirnya saya memutuskan untuk berbisnis di bidang property. Saya pun membuat weblog

di palembangproperti.wordpress.com Usaha inipun terus saya jalankan sampai dengan sekarang.

Ketika Otak diberi sebuah TANTANGAN, maka IDE pun segera MUNCUL

Ya…benar sekali. Otak manusia itu perlu diberikan sebuah STIMULUS biar dapat memberikan sebuah RESPON yang CEPAT dan GILA. Biasanya dari respon yang berbentuk ide-ide gila yang selama ini tidak pernah kita pikirkan akan menghasilkan sebuah karya yang bernilai tinggi.

Coba lihat Jembatan Ampera di Palembang. Sampai sekarang pun masih berdiri. Dan menjadi trademark kota Palembang. Masih banyak lagi ide-ide gila yang berwujud karya-karya fenomenal.

Ide yang sudah TIMBUL, kita WUJUDKAN dalam TINDAKAN

Mulailah mewujudkan ide anda dengan sebuah tindakan. Sebagai contoh ketika saya diberikan sebuah tantangan untuk menjual sebuah rumah teman saya. Maka timbul ide untuk memasarkannya melalui internet.

Padahal sebelumnya saya belum pernah TAHU cara memasarkan penjualan rumah melalui internet. Tapi karena saya mulai melakukan TINDAKAN pertama. Maka OTAK secara tidak langsung mewujudkan ide-ide yang selama ini tidak pernah saya pikirkan.

Mulai dari melakukan membaca buku tentang pemasaran online. Sambil melakukan pemasangan iklan secara online. Semua cara saya lakukan. Terus lakukan sampai dengan tujuan tercapai.

Tindakan yang secara konsisten akan membuahkan HASIL

Karena kita bertindak, mulailah datang RESPON. Dengan adanya RESPON maka sebenarnya sebuah bisnis sudah mulai. Teruslah melangkah dan bertindak maka hasil yang kita mauin pun akan kelihatan di depan mata. Tidak peduli walau wujudnya masih kecil. Teruslah berlayar sampai kamu sampai di pelabuhan.

Selamat menantang OTAK anda dan wujudkan IDE dalam kehidupan sehari-hari.

2 pemikiran pada “Ide dan Tantangan

  1. Ping balik: 6 Tips Menjalani Binis Secara EDAN « My Life & My Inspiration

  2. Ping balik: Modal Gratis dari TUHAN | Corat Coret Perubahan Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s