Linguistic Skill for Customer Service (2)

Kata-kata adalah sebuah senjata yang sangat ampuh digunakan dalam menghadapi setiap orang. Dengan sebuah kata dapat membuat seseorang marah, sedih, kecewa, gembira, bahagia, bersyukur, dan ada ribuan macam respon yang dapat dihasilkan ketika mendengar sebuah kata.

Sebagai seorang customer service yang katanya butuh dan perlu melayani pelanggan dengan baik. Anda tidak melayani pelanggan dengan baik membuat pelanggan anda berlari ke pesaing anda. Omset pun dapat menjadi turun.

Di suatu pagi yang cerah seorang nenek yang tua, ompong dan peyot. Datang menghampiri meja anda. Tanpa basa-basi nenek tersebut langsung marah-marah kepada anda. Kata-kata apakah yang muncul dalam pikiran anda ketika menghadapi nenek ini?

Seorang gadis cantik yang bahenol. Tinggi semampai. Berpakaian tipis seperti sutra. Menyapa anda dengan lemah lembut. Membuat anda terpesona dengan kecantikannya dan terbuai dengan suaranya yang lemah lembut seperti “seorang penghipnotis”. Kata-kata apakah yang muncul dalam pikiran anda ketika menghadapi gadis cantik yang bahenol ini?

Seorang bapak datang ke meja anda. Memohon supaya dia dapat diberi kelongaran dalam hal pembayaran angsuran kendaraannya. Kata-kata apakah yang muncul dalam pikiran anda ketika menghadapi bapak ini?

Siti, salah seorang agen asuransi anda. Melaporkan kepada anda tentang nasabahnya yang tidak dapat klaim asuransi kepada perusahaan. Kata-kata apakah yang muncul dalam pikiran anda ketika menghadapi Siti ini?

Bayu, seorang karyawan swasta. Sudah dua bulan terakhir ini tidak melakukan tugasnya ke lapangan. Ketika anda mencek ke lapangan ternyata Bayu melakukan laporan fiktif selama beberapa bulan kepada Anda. Kata-kata apakah yang muncul dalam pikiran anda ketika menghadapi Bayu ini?

Beberapa hal diatas adalah sebuah contoh kejadian sehari-hari. Sering kita bertemu melayani pelanggan dengan bermacam-macam permasalahan. Jauh lebih penting adalah kata-kata apakah yang muncul dalam pikiran kita ketika menghadapi mereka? Ingat, kata-kata yang anda ambil dapat mempengaruhi Pikiran dan Perasaan Anda dalam mengambil sebuah KEPUTUSAN, yang menghasilkan TINDAKAN dan HASIL yang didapatkan. Selamat berlatih! (tamat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s