Sudahkah, anda melatih potensi SDM anda?

Berapa harga mata Anda? Satu juta, sepuluh juta, seratus juta atau satu milyard. Mau menjualnya kepada saya? Pasti anda menjawab dengan suara paling keras “TIDAK”. Bayangkan apa yang terjadi bila kedua mata Anda diambil kembali oleh Sang Pencipta? Ya, tentu saja anda tidak dapat melihat. Dan bagi anda yang selama ini mengandalkan mata sebagai salah satu senjata andalan dalam menghasilkan uang.  Sangat merasakan kehilangan. Sumber income lenyap begitu saja.

Didalam buku Cracking The Milionaire Code karangan Mark Victor Hansen dan Robert G. Allen dengan sangat jelas mengatakan bahwa manusia sangat beruntung sekali diberi oleh Sang Pencipta secara cuma-cuma berupa panca indera. Ini adalah sebuah kekuatan dahsyat yang dapat menjadi modal bagi kita dalam menjalankan kehidupan ini.

Sayangnya selama ini kita terlampau sibuk mencari kekuatan di luar diri kita sendiri. Padahal di dalam diri kita sudah ada sebuah potensi sumber daya manusia yang sangat luar biasa. Belum secara maksimal kita berdayakan.  Potensi SDM ini beri nama VAKOG.

Adapun VAKOG sendiri terdiri dari :

  • Visual ( sumber daya penglihatan )
  • Auditori ( sumber daya pendengaran )
  • Kinestetik ( sumber daya rasa/ gerak )
  • Oglafactory (sumber daya kecap )
  • Gustatory ( sumber daya penciuman )

Visual (sumber daya penglihatan )

Ciputra, adalah sebuah nama yang sangat mumpuni di dunia property. Bukan hanya di kalangan nasional tetapi juga internasional. Coba anda cek di kota-kota besar. Berapa harga sebuah rumah yang dibangun oleh Ciputra Group? Rata-rata rumah yang dipasarkan harganya ratusan juta sampai milyaran rupaiah. Keunggulannya terletak pada  design tipe rumahnya, perpaduan warna, lingkungan dan  tamannya yang sangat khas. Pembeli merasa sangat bangga ketika mereka tinggal di perumahan Ciputra.

Pak Ci, panggilan akbrabnya adalah salah satu master yang mempunyai kemampuan visual luar biasa. Selain itu nama besar pelukis tanah air seperti Basuki Abdullah dan Affandi yang mempunyai kemampuan dalam mengembangkan sumber daya  visualnya. Coba bayangkan berapa harga lukisan maestro kita ini? Mungkin ratusan juta sampai milyaran rupiah. Sampai sekarang pun masih diburu para kolektor lukisan.

Auditori ( sumber daya pendengaran )

Bob Tutupoli, Koes Hendratmo dan Kris Biantoro adalah trio MC legendaris yang kita punyai. Lewat kemampuan mereka dalam memilih kata-kata yang tepat, intonasi suara yang bagus dan enak didengar oleh audiens. Mereka semua mempunyai kemampuan sumber daya auditori yang sangat luar biasa. Kita pun dapat melatih sumber daya ini.

Kinestetik ( sumber daya rasa/gerak )

Christiano Ronaldo, memecahkan rekor pemain sepakbola termahal yang ada di jagat bumi ini. Dengan kemampuan kakinya yang luar biasa dalam memainkan bola dari kaki ke kaki. Koceknya pun terus bertambah. Inilah salah satu bukti Christiano Ronaldo mampu melatih SDM nya sehingga menghasilkan uang bagi dirinya sendiri.

Oglafactory ( sumber daya kecap )

Rudy Choirudin, si jago masak yang setiap sabtu pagi selalu membawakan acara masak memasak di televisi swasta. Dari hasil kemampuan olah daya kecapnya dia mampu membedakan bumbu apa saja yang terkandung dari sebuah masakan. Bahkan dia pun begitu jago memadukan beraneka ragam bahan makanan baik yang tradisional maupun internasional sehingga menghasilkan masakan yang sangat bernilai tinggi rasanya.

Gustatory (sumber daya penciuman)

Pernahkah anda merasakan ketika seorang perempuan cantik lewat di samping anda? Tercium bau parfumnya yang begitu harum. Seringnya wanita sudah nggak tahu kemana. Baunya masih tertinggal.  Sumber daya penciuman ini juga sangat luar biasa. Sering dipakai untuk membedakan jenis tembakau kualitas yang terbaik sampai yang terjelek. Dengan cukup mencium baunya. Orang sudah tahu kualitas tembakaunya.

Pertanyaan:

Mari kita sadari potensi diri kita dengan melatih VAKOG kita. Bagaimana cara anda melatihnya? Bersambung…….

5 pemikiran pada “Sudahkah, anda melatih potensi SDM anda?

  1. Ping balik: Sudah TEPAT dan BENARKAH GOAL Anda di 2010? « TRAINER | MOTIVATOR | COACHING

  2. Ping balik: NICK VUJICIC: BERDAYAKAN POTENSI SDM sehingga menjadi POWER « TRAINER | MOTIVATOR | COACHING

  3. Ping balik: 6 Tips Menjalani Binis Secara EDAN « My Life & My Inspiration

  4. Ping balik: NLP Praktis #11: Benarkah ini sebuah KUTUKAN? | Jasa InhouseTraining – Optimizer Bisnis

  5. Ping balik: Modal Gratis dari TUHAN | Corat Coret Perubahan Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s